Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pada hari Rabu tanggal 4 Oktober 2023 SD Negeri 1 Ketah mengadakan kegiatan Hari Besar Islam Maulid Nabi Muhammad SAW, sebelum acara di mulai dewan guru dan semua siswa  mengadakan pawai ancak agung mulid di mulai dari depan SD Negeri 1 Ketah sampai ke Wilayah Selatan Desa ketah yaitu Dusun Janti dan di iringi oleh Drumband SD Negeri 1 ketah.

Setelah acara pawai ancak agung selesai di lanjutkan dengan penyerahan piala bagi siswa / siswi SD Negeri 1 ketah yang menang dalam lomba kegiatan keagaaman dan di lanjutkan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

sebagai penceramah dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah Ust H.Umar Faruk.

Saya berharap, Maulid Nabi 2023 ini hendaknya tidak hanya sekedar menjadi tradisi semata. Akan tetapi menjadi kesempatan bagi kita semua untuk kembali muhasabah dan memaknai kelahiran Nabi Muhammad SAW, sebagai utusan Allah SWT yang membawa wahyu dan menjadi suri tauladan bagi umat manusia.
Maulid Nabi menjadi momentum yang sakral untuk meyakini kebenaran wahyu yang telah dibawa oleh Rasulullah SAW, dan mengikuti suri tauladan yang telah beliau ajarkan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Ahzab ayat 21:
"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah".
Peringatan Maulid Nabi juga merupakan kesempatan untuk muhasabah diri, sejauh mana kita sebagai muslim telah mengikuti bimbingan serta ajaran yang telah diberikan oleh Nabi Muhammad SAW.
Dalam kesempatan kali ini, ada beberapa poin yang akan menjadi bahan renungan kita bersama, yaitu tentang gaya hidup Nabi Muhammad SAW. Beliau dikenal sebagai sosok teladan dalam kesederhanaan. Hidupnya semata-mata tidak berlandaskan pada kemewahan dan kesenangan duniawi. Sebaliknya, beliau hidup dengan penuh kesederhanaan, berpegang teguh pada pendirian, berbudi pekerti luhur, dan penuh kasih sayang.